Bakorluh Maluku - Pertanian Bakorluh Maluku - Perikanan Bakorluh Maluku - Kehutanan

KEGIATAN PENYULUHAN DAN PENDAMPINGAN PERKEBUNAN KOMODITI KELAPA DI PROPINSI MALUKU

foto006 Berdasarkan peta Zona Agroekolgi (ZAE) diperkirakan kuranmg lebih 1.398.683 Ha lahan di Maluku cocok untuk pengembangan perkebunan. Ini menunjukan sudah saatnya komoditi kelapa untuk dikembangkan. Dimana komoditi kelapa merupakan salah satu komoditi perkebunan yang menempati urutan pertama tingkat produktifatasnya yang selanjutnya diikuti oleh cengkeh, pala, kakao, jambu mete, fanili dan kapuk.

Untuk meningkatkan kontribusi di sektor perkebunan berupa komoditi kelapa, dalam era perdagangan bebas, maka komoditi tersebut haruslah mampu bersaing. Sementara itu juga dalam pola pemanfaatannya, umumnya masyarakat tani di desa hanya menggunakan pola-pola lama yang memanfaatkan daging buahnya saja yang dijadikan kopra, minyak dan santan secara turun temurun dan masih bersifat tradisional. Sehingga kebanyakan masyarakat tani dihadapkan pada permasalahan produktifitas dari produk ini yang masih rendah, apabila kita bandingkan dengan propinsi lain seperti di Pulau Jawa, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Hal ini menunjukan tingkat pengetahuan akan teknologi pengembangan komoditi kelapa masih sangat minim.

Dalam rangka menuju perubahan pola pikir, prilaku, usaha dan ahli teknologi maka sangatlah diperlukan pendampingan seorang Penyuluh Pertanian atau Perkebunan, dimana diketahui bersama keberhasilan pembangunan pertanian bukan saja ditentukan oleh kondisi sumber alamnya tetapi juga ditentyukan oleh peran serta penyuluh masyarakat dan kualitas sumberdaya manusia penyuluh yang menguasai serta mampu memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengelolaan sumberdaya alam secara baik.

Pendampingan yang dilakukan oleh petugas penyuluh pertanian (PPL) dalam rangka melaksanakan kegiatan rutinitas berupa penyelenggaraaan penyuluhan di desa adalah merupakan peran dan fungsinya untuk menjawab dan menyelesaikann permasalah-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat tani dan atau harus dilaksanakan oleh penyuluh tersebut.

Sejalan dengan itu, sebagai kegiatan penyuluhan dan pendampingan maka haruslah diperhatikan pola dan model strategi penyampayan penyuluhan yang masimal yang dapat diserap dengan mudah oleh petani. Oleh karena itu melaui APBD tahun 2010 badan koordinasi penyuluhan pertanian perikanan dan khutanan propinsi maluku menyelenggarakan program penyuluhan dan pendampingan perkebunan, komoditi kelapa di Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur dimana dialokasikan pada 3 desa yakni desa Kokoroman, desa Rumahkai dan desa Banggai.

Sejalan dengan kegiatan dimaksud, maka tujuan yang diingin dicapai adalah memberikan arah dan batasan tentang tugas pendampingan penyuluh pada kegiatan pengembangan komoditas perkebunan terutama kelapa, melakukan pembinaan masyarakat oleh penyuluh melalui pendampingan usaha berbasis perkebunan yang mencakup aspek teknis, organisasi, SDM, Saran Prasara dan Infomasi bagi Petani serta pelaku usaha secara efektif dan efisien dalam pengembangannya, menfasilitasi penguatan kemampuan petani kelapa melelui akselerasi dalam rangka pengetahuan ketrampilan petani kepala secara professional dan berkesinambungan.

One Response to “KEGIATAN PENYULUHAN DAN PENDAMPINGAN PERKEBUNAN KOMODITI KELAPA DI PROPINSI MALUKU”

  1. Salam sukses gan….

    Bagi yang membutuhkan komoditi Biji dan Bibit tanaman,
    Kunjungi lapak kami:
    http://www.MitraBibit.com

Leave a Reply